Selasa, 31 Januari 2012

Optimalisasi Windows Tools : Disk Defragment

Disk defragmet merupakan salah satu tools standar bawaan dari Microsoft Windows yang berfungsi untuk melakukan reposisi file-file yang terdapat pada partisi harddisk system. Disk defragment dilakukan dengan tujuan untuk mempercepat access file dari setiap drive atau partisi yang tersedia pada system windows.

Di samping ini merupakan langkah untuk menggunakan atau mengakses disk defragment. Caranya klik Start->All Programs->Accesorries->System Tools ->Disk Defragment. Selanjutnya akan muncul kotak dialog Disk Defragment seperti berikut ini.

 Pada tampilan ini kita tinggal memilih drive atau partisi yang akan di defrag. Setelah skudah pasti drive yang akan di defrag, langkah selanjutnya klik tombol "Defragment" kemudian pada kotak "Estimated disk usage before defragmentation" akan muncul progres atau proses defrag akan di mulai dan dengan sendirinya akan selesai hingga muncul tampilan seperti di bawah ini.
Kemudian akan muncul kotak dialog Disk Defragmenter yang berisi komentar "Defragmentation is completed for : (drive yang di defrag) " yang artinya proses defrag telah selesai dilakukan.

Selain menggunakan Disk Defragment pada windows, banyak software-software yang fungsinya sama dengan disk defragment baik yang bersifat freeware ataupun shareware. Software-software ini dapat dengan mudah di download melalui internet dan penggunaannya pun lebih mudah.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons