Sabtu, 14 Januari 2012

Optimalisasi Windows Tools : Disk Cleanup

Tidak banyak orang yang tahu bahwa penggunaan komputer baik PC (Personal Computer) atau Laptop/Netbook/Notebook secara berlebihan serta pemasangan aplikasi yang berlebihan  akan menyebabkan berkurangnya performa komputer. Kebanyakan orang yang memang  awam terhadap teknologi komputer akan mengatakan bahwa komputer mereka menjadi lambat karena serangan virus. 

Pada postingan saya kali ini akan coba membahas tentang mengoptimalkan tools windows default yang biasanya digunakan untuk melakukan perawatan  pada komputer yang kita gunakan. Beberapa tools default windows yang biasa digunakan adalah : Disk Cleanup, Disk Deftragment, Chek Disk, Disk Management, dan Registri Editor (regedit). 

1. Disk Cleanup

Disk cleanup merupakan tools default windows yang digunakan untuk membersihkan drive/partisi pada sistem yang digunakan untuk menyimpan data pengguna/user. Disk cleanup akan membersihkan file-file yang tidak digunakan seperti file yang telah dihapus namun masih tersimpan di Recycle Bin, Temporary file, Chace, dll.
Cara untuk menjalankan disk cleanup cukup mudah, langkahnya seperti beriikut.

Cara yang biasa saya lakukan pertama klik Start Menu > My Computer > klik kanan drive mana yang akan di cleanup kemudian pilih Properties, kemudian akan muncul kotak dialog seperti di bawah ini.

Pada kotak dialog tersebut klik Disk Cleanup kemudian tunggu beberapa saat hingga muncul kotak dialog seperti berikut.

Di kotak dialog ini akan dimunculkan file-file yang tidak digunakan oleh windows dari setiap komponennya. Selanjutnya pada kotak File to delete centang/check list semua komponen kemudian klik OK untuk memulai proses cleanup. Tunggu beberapa saat hingga kotak dialog tersebut menghilang dengan sendirinya yang menandakan bahwa proses cleanup telah selesai.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons